Keberhasilan Program ISC dan Rencana Program 2024

 
 
 
 

(Jakarta, ISC): Selain melakukan kajian-kajian mendalam untuk kepentingan bangsa dan negara, setiap hari Rabu di sepanjang tahun 2023, IKAL Strategic Center (ISC) juga senantiasa mengadakan diskusi publik. Tema-tema yang diusungnya demikian beragam, mulai dari sosial, ekonomi, hukum, budaya, perkembangan IT, pertahanan, bahkan geopolitik dan geostartegi. Tampil sebagai nara sumber dari acara-acara tersebut, adalah tokoh-tokoh nasional dan sejumlah pakar.

Tentu saja boleh dibilang ISC telah berhasil menjalankan program-programnya di tahun 2023. Untuk itu pada hari Jumat, 22 Desember 2023, sejumlah pimpinan ISC mengadakan rapat evaluasi. Diskusi internal pengurus ini dihadiri pula oleh Ketua ISC Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Sumantri, Wakil Ketua I Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, MSi., MSc, PhD., Sekretaris Jenderal ISC Laksda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto, SH, MH., Wakil Sekretaris Jenderal ISC Dr. Dra. Nieta Hidayani, MBA., MM.

Hadir pula Ketua Bidang Hukum dan HAM Irjen Pol. (Purn) Drs. Bekto Suprapto, MSI., dan Wakil Bidang Hukum dan HAM Nurmadjito SH., MH., SHum, serta Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Prof. Dr. Silverius Y. Soeharso, SE., MM., Psi, Wakil Ketua Bidang HANKAM R.M. Wibawanto Nugroho Widodo, SE., MA. Dan, Prof. Rahma dari DPD IKAL Kaltim hadir pula.

Dalam kesempatan ini, Ketua ISC Prof. Gumilar Rusliwa Sumantri mejelaskan bahwa program kerja tahun ini telah menjadi perjalanan yang penuh prestasi bagi ISC. Keberhasilan yang diraih menggambarkan tekad dan dedikasi yang luar biasa dari para pimpinan, pengurus, setiap anggota ISC.

“Semua ini menciptakan landasan yang kokoh bagi pengembangan ke depan. Evaluasi ini merupakan refleksi kritis untuk mengidentifikasi pencapaian signifikan, mengenal potensi perbaikan, dan merumuskan strategi taktis guna menyongsong rancangan kerja berikutnya,” ujar Ketua ISC Prof. Gumilar.

Ditambahkan oleh Prof. Gumilar bahwa menyelenggarakan serangkaian acara diskusi publik berkualitas tinggi, seperti seminar dan diskusi panel, adalah salah satu pencapaian luar biasa lainnya. Ditambah pula kajian-kajian dari para pemikir ISC.

Selain itu evaluasi ini juga menghasilkan rumusan rancangan kerja berikutnya. Agar diversifikasi kegiatan akan menjadi fokus, dengan penambahan kegiatan beragam yang mencerminkan minat dan kebutuhan anggota. Pengembangan kemitraan lebih lanjut diidentifikasi sebagai langkah strategis untuk memperluas dampak organisasi.

Dengan menganalisis keberhasilan dan tantangan ini, ISC memiliki fondasi yang kokoh untuk melanjutkan pertumbuhan dan pencapaian. Rancangan kerja berikutnya ditujukan untuk meningkatkan keberlanjutan, memperdalam keterlibatan anggota, dan memperluas dampak positif bagi bangsa dan negara.

“Ada 17 termin yang di tahun 2024 bakal diimplementasikan, maka pembahasannya pun dilakukan hari ini untukIni meningkatkan efektivitas dan efisiensi ISC, dan memantapkan strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” imbuh Ketua ISC Prof. Gumilar Rusliwa Sumantri.

Dalam acara ini juga ada pemberian cinderamata kepada para peserta, berupa dua buku eksklusif antara berjudul Papua Indonesia dan North Sulawesi Landscape. Dua buku ini karya Irjen Pol. (Purn) Drs. Bekto Suprapto, MSI.,  (Humas ISC)

0Shares